cover
Contact Name
Fidyah Yuli Ernawati
Contact Email
fidyah.yuli13@gmail.com
Phone
+6285799656290
Journal Mail Official
jurnal@stiesemarang.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal STIE Semarang (Edisi Elektronik)
ISSN : 20855656     EISSN : 22527826     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
JURNAL EKONOMI STIE SEMARANG is published by SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI SEMARANG, Center Java, Indonesia. It is published three times a year February, June and October. JURNAL EKONOMI STIE SEMARANG is organized by the Lecturers of STIE SEMARANG and Journal Developer Team. The articles published in JURNAL EKONOMI STIE SEMARANG can be in English or Indonesian. The scopes of the topics include (1) Accounting Science (2) Management Science (3) Economic Science. Editorial Team welcome submissions of papers describing from researchers, practitioners, regulators, students, and other parties interested in the development of accounting science, management science and economic Science.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 4 No 1 (2012): VOLUME 4 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2012" : 7 Documents clear
KESIAPAN INDONESIA DALAM MENGHADAPI ASEAN ECONOMIC COMMUNITY 2015 Sutama, Jasa
JURNAL STIE SEMARANG Vol 4 No 1 (2012): VOLUME 4 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2012
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.72 KB)

Abstract

Percepatan pelaksanaan AEC(Asean Economic  Community) dari  tahun  2020 menjadi 2015, dengan tujuan menjadikan kawasan ASEAN sebagai Pasar Tung gal dan Basis Produksi Regional, Kawasan yang Memiliki Daya Saing Tinggi, Kawasan Pemerataan Pengembangan Ekonomi dan sebagai Sarana menuju Perekonomian Global, diperlukan peta strategi yang jelas dan diperlukan peran DPR dalam membantu koordinasi antar menteri serta memantau jalannya strategi yang telah dijalankan. Strategi yang dapat ditempuh   adalah pertama dengan perbaikan infrastruktur dan policy. Kedua, pemberian insentif fiskal bagi industri nasional. Ketiga, pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus untuk mengurangi beban ekonomi. Jika diperlukan maka DPR dapat membentuk Panja AEC. Dengan demikian diharapkan Indonesia menjadi lebih siap dalam menghadapi percepatan AEC ini
MEMBANGUN BRAND IMAGE PRODUK MELALUI PROMOSI EVENT SPONSORSHIP DAN PUBLISITAS Susetyarsi, TH
JURNAL STIE SEMARANG Vol 4 No 1 (2012): VOLUME 4 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2012
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.724 KB)

Abstract

Perusahaan dalam kegiatannya tidak bisa lepas dengan merk produk yang selalu diunngulkan. Brand Image merupakan sutu hal yang sangat didambakan oleh setiap perusahaan,  apapun  cara  yang  harus  ditempuh.Promosi  sebagai  salah  satu  faktor penentu dalam membangun brand image senantiasa dilakukan oleh banyak perusahaan. Hal ini dikarenakan kalau brand image yang baik telah melekat di benak konsumen maka ini akan mendongkrak penjualan perusahaan.Untuk itu banyak perusahaan yang memilih promosi even sponsorship dan publisitas dalam membangun brand imagenya.
MEMELIHARA DAN MENINGKATKAN KEDISIPLINAN YANG BAIK SR, Dwi Prawani
JURNAL STIE SEMARANG Vol 4 No 1 (2012): VOLUME 4 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2012
Publisher : JURNAL STIE SEMARANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.562 KB)

Abstract

Memelihara dan meningkatkan kedisiplinan yang baik sangat penting bagi suatu organisasi/perusahaan untuk mewujudkan tujuannya. Dimana kedisiplinan merupakan fungsi  operatif  yang  terpenting  dan  menjadi  tolok  ukur  untuk  mengukur  ataupun mengetahui apakah fungsi-fungsi dari Manajemen Sumber Daya Manusia yang lainnya secara keseluruhan telah dilaksanakan dengan baik atau tidak. Dengan kedisiplinan karyawan yang baik, akan mencerminkan bahwa fungsi-fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia lainnya telah dilaksanakan sesuai dengan rencana. Namun sebaliknya jika kedisiplinan karyawan tersebut kurang baik, yang berarti bahwa penerapan fungsi-fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia pada organisasi perusahaan kurang baik. Jadi dapat dikatakan bahwa “kedisiplinan” akan menjadi kunci terwujudnya tujuan organisasi perusahaan, karyawan, dan masyarakat. Dengan berdisiplin yang baik berarti bahwa karyawan  memiliki  kesadaran  dan  bersedia  untuk  mengerjakan semua  tugas-tugasnya dengan baik dan tanpa paksaan. Untuk memelihara kedisiplinan yang baik dapat dilakukan dengan  menegakkan sanksi hukuman, ketegasan pimpinan dan pengawasan melekat. Sedangkan untuk meningkatkan kedisiplinan yang baik dapat dilakukan dengan pemberian hukuman yang adil dan tegas terhadap semua karyawan, pemberian balas jasa yang dapat memberikan kepuasan dan kecintaan karyawan terhadap perusahaan/pekerjaannya serta hubungan kemanusiaan dalam organisasi yang baik
PERLUNYA PENAMPILAN DOSEN DALAM MEMBERIKAN KULIAH Risnawati, V Naniek
JURNAL STIE SEMARANG Vol 4 No 1 (2012): VOLUME 4 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2012
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (122.059 KB)

Abstract

Di era reformasi  dosen  dituntut untuk lebih berkualitas (professional) dalam melaksanakan tugas utama yaitu di bidang pendidikan dan pengajaran,  penelitian, pengabdian pada masyarakat. Karakteristik dosen professional menurut UU Guru dan Dosen adalah menguasai 4 (empat) kompetensi yaitu : pedagogic, professional, kepribadian dan kompetensi sosial. Namun   yang tidak kalah penting yaitu penampilan yang merupakan pencerminan diri seorang dosen menimbulkan rasa percaya diri yang simpatik terhadap mahasiswa,  sehingga tidak mengherankan penampilan dosen dalam memberikan perkuliahan perlu diperhatikan karena  sangat mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa. Faktor-faktor  yang  harus  diperhatikan  dalam  penampilan  :  cara  berbusana,  gerakan- gerakan yang tepat dalam memberi kuliah seperti: anggota badan, pandangan mata, penggunaan variasi media,suara serta sikap (kepribadian) yang mempesona
PERANCANGAN PENILAIAN KINERJA PEGAWAI BERDASARKAN KOMPETENSI SPENCER Setiyanti, Sri Wiranti; Sujadi, Sujadi
JURNAL STIE SEMARANG Vol 4 No 1 (2012): VOLUME 4 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2012
Publisher : JURNAL STIE SEMARANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.541 KB)

Abstract

Employee performance evaluation using the competency Spencer will feel the benefits to the agencies that implement incentives other than salary. Providing incentives for bias are briefly defined themselves as 'extra pay for extra performance'. Thus the income that will be given to employees who excel will be formulated as follows: Income = salary + incentives . Employee incentive system design is determined using the method of division of profit, which is an incentive plan that combines many or all employees in a joint effort to achieve multiple objectives such as productivity of the company. To apply there are 7 (seven) steps that must be considered, namely: First targeting the general plan. Secondly, the establishment of specific performance measures. Third, determination of sources of funding incentives. Fourth, establishing a method to divide and distribute the gains of employees. The method used for calculating employee incentives are as follows: (a) the percentage increase in the value of work performance standards set forth as follows: [(employees working Achievement - Achievement standard employment) / Achievement standard employment) x 100%]. (B) Provision of incentives based on a percentage increase. Incentives will be awarded based on the percentage increase in the value of performance achieved by the employee. Percentage increase in the value of work performance standards set are shown by an employee will be compared with the total percentage increase in value throughout the employee work performance. So it will get a final value, which is the final value will be multiplied by the funds allocated for th e incentive, to find out who obtained an employee incentive. Example: Funds provided for incentives in the month of X is 10 million. With a value of 2.5 standard work performance and the total percentage increase in the value of employee work performance throughout 1000%, then the incentives received by an employee who has a Y value of 2.709 job performance are: (a)% increase in value of employee work performance Y: [(2.709 - 2.5) / 2.5)] x100% = 8.36%, and (b) Incentives received by employee Y: (8.36% / 1000%) x Rp. 10.000.000, - = Rp. 83600.00. Fifth, the determination of payment used. Sixth, determining how often the bonus is paid. Seventh, the development of employee involvement systems. Research on the relationship of performance appraisal with the provision of incentives have been made by Eko Nurmianto, Nurhadi Siswanto and Sanusi sweep. In his study entitled designing competency-based employee performance appraisal Spencer Method with Analytical Hierarchy Process (Case Studies in Sub Department of Irrigation, Public Works Department, City of Probolinggo) that is generated by profit-sharing incentive system, based on Employee Performance Value will reflect incentives real incentives so that inaccuracies can be reduced. Then  the  work performance assessment should  use  the  assessment criteria that  reflect the working conditions and given appropriate weight to be able to motivate employee productivity
PERSPEKTIF EKONOMI DARI SISI TASAWUF ISLAM Warno, Warno
JURNAL STIE SEMARANG Vol 4 No 1 (2012): VOLUME 4 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2012
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (159.715 KB)

Abstract

Economics is one area of study that tried to solve the problem of the principle purposes of human life through penggemblengan all economic resources available to  berasaskan certain principles and theories in an economic system that is considered effective and efficient, it emerged as the world's limited resources so that the rules need to be able to meet of human needs. There is the word of  Alloh "There is no a moving creature on earth, but has been guaranteed by God's sustenance ..." and also "The depth in the search for food that has been guaranteed by God's will, and reduce what is required of you, including the nature of the show is basirah (eye care) are covered. "and" and Alloh will not change the fate of a people unless they change "of some of God's word can be concluded that humans have an obligation to try, but it does not guarantee results because of the business as an intermediary is not a critical success . People work and move the world by using a variety of science among them is the economics of it as an intermediary of a natural law that has been established by God
RESTRUKTURISASI KELEMBAGAAN BISNIS SEBAGAI ALTERNATIF STRATEGI DALAM RANGKA MEMPERKUAT IDENTITAS KOPERASI Sudarwanto, Adenk
JURNAL STIE SEMARANG Vol 4 No 1 (2012): VOLUME 4 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2012
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.354 KB)

Abstract

Kelangsungan hidup koperasi tergantung dari kesadaran anggota untuk menjalankan prinsip indentitas koperasi. Jika prinsip identitas koperasi tidak dijalankan, maka sesungguhnya telah terjadi pergeseran dan tidak lagi dapat disebut sebagai koperasi, melainkan   sebuah   perusahaan   seperti   pada   umumnya   yang   berorientasi   pada kepentingan pemilik ( pemegang saham ). Gejala ini ditandai dengan seberapa besar usaha koperasi melayani kebutuhan non anggota. Semakin besar melayani kebutuhan non anggota , maka telah terjadi penggeseran menjadi perusahaan murni ( bukan koperasi ) . Dengan demikian anggota merasakan bahwa koperasi sudah tidak dapat memberikan  kemanfaatan  lagi,  akhirnya  menjadi  bentuk  bisnis  sebagai  perusahaan murni  non  koperasi.  Kasus  konkrit  telah  terjadi  di  Indonesia  ,Gerakan  Koperasi Indonesia  melalui  BUKOPIN    puncaknya    (  kini  telah  diambil  alih  APEK  Bank  ) melayani lebih dari 50 % dari pinjamannya untuk organisasi non koperasi (Juli 1987) dan sekarang semakin jelas sudah bukan lagi menjadi organisasi koperasi murni,melainkan telah berubah menjadi lembaga bisnis non koperasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2012 2012


Filter By Issues
All Issue Vol 16 No 1 (2024): Jurnal STIE SEmarang Vol 15 No 3 (2023) Vol 15 No 2 (2023) Vol 15 No 1 (2023) Vol 14 No 1 (2022): VOLUME 14 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2022 Vol 14 No 3 (2022) Vol 14 No 2 (2022) Vol 14 No 1 (2022) Vol 13 No 3 (2021): VOLUME 13 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2021 Vol 13 No 2 (2021): Vol 13 No 2 (2021) Bulan Juni Vol 13 No 1 (2021): VOLUME 13 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2021 Vol 13 No 3 (2021) Vol 13 No 2 (2021) Vol 13 No 1 (2021) Vol 12 No 2 (2020): Volume 12 No 2 Edisi Juni 2020 Vol 12 No 1 (2020): Volume 12 No 1 Edisi Februari 2020 Vol 12 No 3 (2020) Vol 11 No 03 (2019): VOLUME 11 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2019 Vol 11 No 02 (2019): VOLUME 11 NOMOR 2 EDISI JUNI 2019 Vol 11 No 1 (2019): VOLUME 11 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2019 Vol 11 No 1 (2019): VOLUME 11 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2019 Vol 10 No 3 (2018): VOLUME 10 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2018 Vol 10 No 3 (2018): VOLUME 10 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2018 Vol 10 No 2 (2018): VOLUME 10 NOMOR 2 EDISI JUNI 2018 Vol 10 No 2 (2018): VOLUME 10 NOMOR 2 EDISI JUNI 2018 Vol 10 No 1 (2018): VOLUME 10 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2018 Vol 10 No 1 (2018): VOLUME 10 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2018 Vol 9 No 3 (2017): Vol 9 No 3 (2017): VOLUME 9 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2017 Vol 9 No 3 (2017): Vol 9 No 3 (2017): VOLUME 9 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2017 Vol 9 No 2 (2017): VOLUME 9 NOMOR 2 EDISI JUNI 2017 Vol 9 No 2 (2017): VOLUME 9 NOMOR 2 EDISI JUNI 2017 Vol 9 No 1 (2017): VOLUME 9 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2017 Vol 9 No 1 (2017): VOLUME 9 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2017 Vol 8 No 3 (2016): VOLUME 8 NO 3 EDISI OKTOBER 2016 Vol 8 No 2 (2016): VOLUME 8 NOMOR 2 EDISI JUNI 2016 Vol 8 No 1 (2016): VOLUME 8 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2016 Vol 7 No 3 (2015): VOLUME 7 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2015 Vol 7 No 3 (2015): VOLUME 7 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2015 Vol 7 No 2 (2015): VOLUME 7 NOMOR 2 EDISI JUNI 2015 Vol 7 No 2 (2015): VOLUME 7 NOMOR 2 EDISI JUNI 2015 Vol 6 No 3 (2014): VOLUME 6 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2014 Vol 6 No 3 (2014): VOLUME 6 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2014 Vol 6 No 2 (2014): VOLUME 6 NOMOR 2 EDISI JUNI 2014 Vol 6 No 1 (2014): VOLUME 6 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2014 Vol 6 No 1 (2014): VOLUME 6 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2014 Vol 5 No 3 (2013): VOLUME 5 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2013 Vol 5 No 2 (2013): VOLUME 5 NOMOR 2 EDISI JUNI 2013 Vol 5 No 2 (2013): VOLUME 5 NOMOR 2 EDISI JUNI 2013 Vol 5 No 1 (2013): VOLUME 5 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2013 Vol 4 No 3 (2012): VOLUME 4 NOMER 3 EDISI OKTOBER 2012 Vol 4 No 3 (2012): VOLUME 4 NOMER 3 EDISI OKTOBER 2012 Vol 4 No 2 (2012): VOLUME 4 NOMOR 2 EDISI JUNI 2012 Vol 4 No 2 (2012): VOLUME 4 NOMOR 2 EDISI JUNI 2012 Vol 4 No 1 (2012): VOLUME 4 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2012 Vol 3 No 3 (2011): VOLUME 3 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2011 Vol 3 No 2 (2011): VOLUME 3 NOMOR 2 EDISI JUNI 2011 Vol 3 No 1 (2011): VOLUME 3 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2011 Vol 2 No 3 (2010): VOLUME 2 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2010 Vol 2 No 2 (2010): VOLUME 2 NOMOR 2 EDISI JUNI 2010 Vol 2 No 1 (2010): VOLUME 2 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2010 Vol 1 No 3 (2009): VOLUME 1 NOMOR 2 EDISI OKTOBER 2009 Vol 1 No 2 (2009): VOLUME 1 NOMOR 2 EDISI JUNI 2009 Vol 1 No 1 (2009): VOLUME 1 EDISI KHUSUS 2009 More Issue